-->

Khasiat Dan Manfaat Lengkuas Bagi Kesehatan

Khasiat Dan Manfaat Lengkuas - Apakah Anda mengenal tanaman lengkuas? Nah, tepat sekali tanaman ini merupakan salah satu dari jenis rempah-rempah yang banyak di temui di negara Indonesia ini. Namun, sayangnya sedikit orang yang belum mengetahui tentang beberapa khasiat lengkuas bagi kesehatan yang baik untuk kita.


Manfaat Lengkuas


ASPEK EDUKASI
Lengkuas kerap di sapa sebagai tumbuhan yang hidup di tempat terbuka, tumbuhan ini mendapat sinar matahari penuh namun sedikit terlindung. Jika di tinjau dari jenis tanah, cenderung lebih  menyukai tanah yang lembab dan gembur, namun bukan tanah yang becekyaa. Biasanya lengkuas dapat tumbuh subur di dataran rendah dengan ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut.

Tahukah Anda berasal dari mana tumbuhan ini? Nah, memang benar banyak orang yang masih penasaran tepatnya berasal dari daerah mana namun, ada sebuah kejelasan bahwa sebenarnya tumbuhan ini berasal dari Asia tropika. Ada yang menduga bahwa lengkuas berasal dari daerah Cina, Bengali. Hal ini karena lengkuas sudah lama di gunakan secara di Cina. Seiring dengan perkembangan zaman lengkuas kini mulai menyebar di Indonesia, Malaysia, Filipina, Cina bagian selatan, Hongkong, India, Bangladesh, dan Suriname. Di Indonesia sendiri, awalnya ditemukan di daerah Jawa Tengah.


Pada umumnya masyarakat memanfaatkan lengkuas sebagai bumbu masak. Misalnya sebagai bumbu pelengkap olahan daging, sayuran bahkan juga ikan. Kenapa demikian? Ini karena lengkuas sendiri dapat menjadi penyedap rasa dan memberikan rasa enak pada makanan. Jika di lihat dari kandungannya juga banyak sekali lho, yakni mengandung 45 kalori dan 2 g serat, sodium, zat besi, vitamin A, vitamin C, flavonoid, fitonutrien, emodin, beta-sitosterol, quercetin, galangin. Semua itu terkandung dalam satu porsi lengkuas. Bayangkan saja jika setiap hari Anda memasak menggunakan lengkuas maka kesehatan Anda akan lebih baik bukan? Tentunya juga di iringi dengan 4 sehat 5 sempurna juga olah raga secara rutin.
Ternyata selain banyak kandungan yang sudah di sebutkan, Lengkuas juga mengandung anti-inflamasi dan anti-oksidan yang dapat mengurangi resiko peradangan tertentu. Waah, benar-benar herbal yaa, bahkan baru-baru ini para ilmuwan Korea ada yang melakukan penelitian tentang lengkuas, mereka menyatakan bahwa semua senyawa yang terkandung di dalam lengkuas mampu menghambat oksida nitrat (NO), dan produksi lipopolisakarida (LPS).

Lengkuas Sebagai Obat Alami

Sejak ribuan tahun yang lalu lengkuas sudah menjadi salah satu obat tradisional yang digunakan di negara Cina, India, dan beberapa negara besar lainnya. Betapa tidak, karena potensinya yakni dapat membantu mengurangi gangguan pada pencernaan, sakit perut, mabuk dan mual. Selain itu juga lebih  relatif murah di bandingkan obat-obatan lain dan tidak memiliki efek samping bagi sebagian terlebih banyak di temui juga di Indonesia.

Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi farmasi, banyak penelitian yang menemukan manfaat lengkuas di lihat dari uji coba yakni sebagai obat alami. Tidak dapat dipungkirilagi bahwapada masa yang akan datang, semua pembuatan obat pasti akan menggabungkan unsur-unsur dari alam seperti jaman dahulu, namun dengan teknik yang lebih modern untuk menyediakan senjata atau obat baru untuk melawan penyakit yang mewabah saat ini.

Selain digunakan sebagai bumbu masakan, lengkuas di Asia dan Timur Tengah banyak di gunakan sebagai sebagai bahan dasar pembuatan parfum, snuffs, aphrodisiacs, cuka, bir, teh dan juga anggur. Lengkuas sendiri memiliki ciri yakni berbau aromatik, tajam dan pedas seperti jahe. Namun Anda juga harus waspada yaa, kenapa demikian? Ternyata lengkuas dapat menyebabkan aleri juga. Bila Anda memiliki kulit yang sensitif dan alergi maka sebaiknya hindari penggunaan tanaman ini secara berlebihan.
Manfaat bagi Kulit

Selain banyak hal yang sudah di sebutkan, lengkuas ternyata memiliki banyak manfaat bagi kulit juga lho, nah berikut ini adalah manfaatnya:


Manfaat Lengkuas


1. Mencegah Penuaan Dini
Jika Anda suka dengan jus, maka buat saja jus lengkuas, selain untuk minuman ternyata juga dapat di gunakan berbagai pengobatan penyakit kulit. Hal ini karena terdapat kandungan dari lengkuas yang terdiri dari 40 manfaat antioksidan sehingga dapat membantu melindungi kulit terhadap penuaan.

2. Mempertahankan Keremajaan Kulit
Tentunya semua orang ingin awet muda bukan? Lengkuas adalah solusianya, betapa tidak bahwa kandungan antioksidan dalam lengkuas dapat menghilangkan racun-racun dari tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini dapat menyebabkan pelepasan nutrisi ekstra untuk jaringan kulit. Nah, dari situlah, lengkuas mampu untuk mencegah radikal bebas yang merusak kulit, serta menjaga keremajaan kulit Anda.

3. Mengobati Bekas Luka Bakar
Selidik punya selidik lengkuas juga dapat digunakan sebagai alternatif penyembuhan kulit terbakarlho. Jika oleskan ramuan lengkuas pada kulit yang terbakar, maka dapat meringankan rasa sakit. Bisa juga Anda gosokkan irisan segar lengkuas pada kulit Anda 2 sampai 3 kali setiap hari, ini untuk mengurangi bekas luka.

4. Menghilangkan Bekas Jerawat
Lengkuas juga dapat digunakan sebagai pembersih antiseptik untuk menjaga kulit agar tetap terlihat bersih, cerah dan halus. Bagi Anda yang bermasalah dengan kulit berjerawat, lengkuas adalah solusinya, karena terdapat kandungan minyak alami di dalam lengkuas.

Baca Juga : Cara Merawat Wajah Berminyak 

ASPEK KREATIFITAS
Pada aspek ini tentunya dapat Anda jadikan sebagai peluang usaha lho, kenapa demikian? Nah, tentu saja dalam aspek ini akan membahas pengolahan lengkuas sehingga dapat menghasilkan rupiah yakni dapat diolah menjadi masakan “ayam goreng lengkuas”. Langsung saja, berikut ini adalah bahan dan cara membuatnya:

Bahan pembuatan
1 ekor (800 g) ayam, kemudian potong menjadi 8 bagian
150 g lengkuas yang di parut
1 bungkus Royco Bumbu Komplit Ayam Goreng
250 ml air
Minyak goreng secukupnya

Cara Masak :

1. Persiapkan bahan-bahan yang di butuhkan.

2. masukkan ayam, RBK Ayam Goreng, air, dan lengkuas. Masak di atas api sedang dengan menggunakan air sampai airnya mengering (Sisihkan lengkuas).

3. Panaskan minyak secukupnya di dalam wajan di atas api sedang.

4. Gorenglah ayam hingga matang.

5. Goreng lengkuas di tempat lain hingga berwarna kecokelatan.

6. Angkat dan tiriskan di piring.

7. Hias sesuai selera lalu taburi dengan gorengan lengkuas yang sudah di siapkan tadi

Baca Juga : Manfaat Pete

Demikian tadi adalah ulasan mengenai Khasiat Dan Manfaat Lengkuas yang belum banyak orang mengetahuinya, dengan adanya referensi dari kami ini semoga dapat memberikan Anda wawasan baru yang bermanfaat. Selain itu juga jika Anda membutuhkan obat alami maka lengkuas bisa jadi tujuan utamanya. Maka dari itu, jangan ragu untuk menanam lengkuas di pekarangan Anda, pastikan bahwa Anda menanam obat herbal yang aman bagi kesehatan. Terimakasih telah berkunjung.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Khasiat Dan Manfaat Lengkuas Bagi Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel